Merancang Family Project


dayroject pertama family project kami adalah mengurangi gadget time anak-anak, karena ini hal yang sangat urgent menurut kami. Setelah mencoba mengurai penyebabnya, hal ini berawal dari kesibukan kami. Kami berdua sepakat untuk membersamai tumbuh kembang anak-anak berdua tanpa pengasuh. Posisi rumah kami yang berdekatan dengan orangtua, memudahkan kami untuk menitipkan anak ketika kami berdua sama-sama ada keperluan.
Di rumah orangtua sudah saya sediakan mainan, buku cerita dan alat gambar. Namun sepertinya godaan gadget semakin aduhai. Ditambah lagi TV LCD layar lebar dengan sajian Disney junior membuat Shaffa dan Maryam lebih betah di rumah eyangnya. Ibu saya sangat mudah memberi Maryam Youtube di HP. Jika saya pulang, Shaffa pasti minta saya meminjamkan tablet untuknya. Terkadang saat saya pulang ia menyambut saya lalu menyerbu tas saya, mencari tablet >.<
Memberi projek kegiatan kepada anak saat dititip di rumah orangtua belum bisa menjadi solusi, karena orangtua akan kerepotan. Sudah dititipi anak, dititipi projek aktivitas pula. Selain itu, maryam sangat susah pulang jika sudah dengan ibu saya, dan sering meminta digendong. Maryam menjadi sangat manja. Ibu saya akan lelah dibuatnya.
Sehingga projek yang kami sepakati adalah:
Untuk saya dan suami, mengatur jadwal dan konsisten. Betul, kami berdua sibuk dan punya urusan, tapi pertarungan kami adalah masa depan dan hak anak. maka, kami sepakat. Saya berangkat lebih pagi untuk pulang siang sehingga suami bisa beraktifitas di siang hari. Jika saya ada keperluan agak lama (full day) saya mesti mencari hari dimana suami free day dan dapat full di rumah bersama anak-anak.
Memperkaya kegiatan untuk anak-anak. Agar teralihkan perhatiannya dari layar.

Leave a Reply

